-->

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Mungkin Saudara sudah tahu semua mengenai Waduk Gajah Mungkur yang terletak di kawasan selatan kira kira 5 km kota Wonogiri.Waduk  buatan ini awalnya perumahan penduduk. kemana penduduknya di alihkan? mereka ditransmigrasikan ke Daerah Sumatra dengan nama program "Bedol Deso" (sak deso mangkat trans) salut buat mereka yg rela mengorbankan harta berupa lahan  dan tentu saja perasaan(gimana rasanya meninggalkan kampung kelahiran?) demi kemakmuran saudaranya yang lain buka saja di wonogiri tapi area sekitarnya.
 Waduk ini dibangun kira kira akhir tahun 1970 an dan mulai beroperasi tahun 1978,,hehehe aku rung lahir iku. Areal waduk ini kira kira menurut berbagi sumber seluas 8800 Ha yang dulu katanya  Bedol desonya sampai 7 kecamatan..bayangkan luasnya.. karena wonogiri daerahnya lebih tinggi dari kawasan soloraya yang lainnya waduk ini malah mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen dan sebagian kecil areal pertanian wonogiri yang searah dengan arus kota tersebut diatas. 
 Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWat.
 Di Waduk Serbaguna "Waduk Gajah Mungkur" wonogiri ini   disamping fungsi di atas terdapat pula Areal rekreasi diantaranya :: Gantole,mancing,dan kal boat untuk mengelilingi kawasan perairan tersebut. Biasanya kawasan rekreasi ini ramai kalau lebaran dan acara khusus dari pemda wonogiri. dengan tiket yang murah anda bisa menikmati indahnya perairan Waduk Gajah Mungkur.
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Advertisement