-->

8 Penyebab Nasi Cepat Basi pada Magic Com

8 Penyebab Nasi  Cepat Basi pada Magic Com
8 Penyebab Nasi  Cepat Basi pada Magic Com
Beberapa hari ini mertua saya masak nasi sebelum 24 jam pasti basi padahal dengan nasi dan alat yang sama bahkan rice cookernya baru tetap saja basi dan setelah saya coba berkali kali apa yang menjadi masalah saya simpulkan masalahnya seperti ini dan solusi mengatasinya.


Nasi merupakan makanan pokok masyarakat kita. Bahkan ada anggapan bahwa satu tetes keringat dari kerja keras sama dengan sebulir nasi yang kita makan. Memasak nasi sekarang memang sudah lebih dengan cara menanak nasi dengan rice cooker. Namun bagaimana jika nasi yang kita makan di rice cooker atau magic com beraroma tidak sedap? Masa iya tetap dimakan? menghirub baunya saja sudah mual. Cara mengatasi supaya tidah terbuang sia sia ya kami jemur nasi basinya jadi kalau sudah kering kita bisa goreng.

Oleh karena itu, agar kita tidak lagi membuang nasi karena bau, kita harus mempelajari beberapa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan tahu langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan cara agar nasi tidak bau di rice cooker. Langsung saja, penyebab nasi bau di magic com antara lain:

  • Komponen Magic Com Bermasalah

Magic com merupakan teknologi elektrik yang sistem kerjanya disusun oleh empat elemen utama, yaitu elemen pemanas, thermostat, panci, dan pengeluaran uap. Masing-masing saling bekerja sama. Jika elemen pemanas tetap bekerja, namun thermostat sebagai pengatur suhu tidak membarenginya, maka suhu yang seharusnya dalam kisaran 75o C sampai 80o C bisa tidak stabil. Nah, suhu yang tidak stabil inilah yang akan membuat panci lengket atau bahkan keluar banyak uap air yang akhirnya membuat nasi bau lalu basi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah gunakan cara menghilangkan bau pada rice cooker dengan mengganti thermostatnya. Kemudian, setelah magic com kembali normal, rutin lakukan upaya cara merawat magic com agak nasi tidak cepat basi lagi.

  • Bau Panci Melekat

Panci tempat nasi pada magic com berpengaruh terhadap kualitas nasi. Jika pancinya pernah dipakai untuk menghangatkan nasi yang hampir basi atau sudah bau, biasanya bau tak sedapnya menempel ke panci. Sehingga, ketika nasi yang sebenarnya tak basi akan ikut tertular bau basi saat ditempatkan di panci yang sama. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara merawat panci rice cooker agar awet dan tetap bersih ketika digunakan.

  • Cuaca

Pada saat cuaca panas di musim kemarau, nasi di magic com bakal lebih cepat basi daripada ketika cuaca dingin dan lembab. Saat musim penghujan, nasi mampu bertahan hingga 24 jam tanpa menjadi basi, sedangkan saat kemarau, nasi sudah berbau sebelum sampai 24 jam.

  • Jari-jari Tangan Menyentuh Nasi

Di jari tangan manusia terkandung enzim RNAse yang tugasnya melancarkan kerja pencernaan organ lambung. Jika jari tangan kita menyentuh nasi, maka nasi akan mengalami proses pencernaan secara kimiawi. Alhasil nasi cepat bau lalu basi.

  • Varietas Beras

Jika komponen rice cooker baik-baik saja dan nasi tidak terjamah tangan namun nasi tetap gampang bau, bisa jadi penyebabnya adalah beras yang Anda masak. Varietas beras pera memiliki daya tahan yang lebih lama daripada varietas beras pulen. Beras pulen menjadi mudah basi karena kadar airnya termasuk tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan nasi pulen dari beras pera juga bisa dengan cara menanak nasi agar pulen. Kelebihan dari nasi pulen adalah rasanya yang gurih dan lebih empuk.

  • Tegangan Listrik

Magic com yang tersebar di Indonesia didesain untuk tegangan 220 V. Nah, jika terjadi penurunan tegangan listrik misal menjadi 170 V atau kurang, suhu nasi menjadi tidak stabil. Akhirnya nasi mudah berair dan mengeluarkan bau yang tak sedap.



  • Air Cucian Beras

Tahap pencucian beras sebelum dimasak adalah tahap yang penting. Pastikan beras dibilas berulang-ulang hingga airnya menjadi bening. Jika airnya masih keruh, berarti kotoran beras masih larut di dalamnya. Nasi yang dimasak dengan air kurang bersih akan mengakibatkan kualitasnya menurun sehingga bakteri mudah menjangkiti hingga nasi berbau tak sedap.

  • Lubang Uap Mengalami Penyumbatan

Lubang uap padi magic com terletak pada bagian atas penutupnya. Nah, jika lubang uap init tersumbat, uap air akan tertahan di dalam magic com. Kelebihan uap air menyebabkan nasi berair dan mudah basi sehingga baunya menyengat. Maka, lakukan tindakan penanganan dengan cara membuka elemen tutup magic com, lalu bersihkan lubang uap dengan hati-hati. Langkah yang bisa Anda tempuh untuk perawatan adalah dengan rajin memeriksa kebersihan lubang uap alat penanak nasi.

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa jadi adalah penyebab bau nasi di magic com  Anda tidak sedap. Sebenarnya cukup mudah menangani atau mencegah nasi yang bau di rice cooker. Tapi jika dirasa ribet, bagaimana kalau kembali saja ke cara memasak nasi dengan dandang? akan lebih enak tapi harus disiapkan kayubakar dan tempat yang luas.
Advertisement