-->

keong sawah

keong sawah
keong sawah
keong sawah
Hayo sopo sing wis pernah merasakan makanan indonesia iki yen tempatku wonogiri jejenge keong sawah yeng jawabarat tutut..mirip bekecot mini.. enak rasane yen mau sih.. sedulur iki saya baru dapat artikel dari teman nie manfaat keong sawah..aku yo durung neliti..iku gur jarene manfaate uakeeh..
 
Kandungan gizi dan Manfaat
Tutut mengandung zat gizi makronutrien berupa protein dalam kadar yang cukup tinggi, juga mengandung mikronutrien yang berupa mineral yaitu kalisum yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein sendiri menunjang keberadaan setiap sel tubuh, juga berperan dalam proses kekebalan tubuh. Konsumsi protein hewani ini jelas dibutuhkan oleh tubuh disamping protein nabati. Selain itu juga kandugnan lemak yang terdapat dalam tutut merupakan asam lemak esensial dalam bentuk asam linoleat dan asam linolenat.

Lagi, adapun kandungan vitamin dari keong ini juga cukup tinggi dengan didominasi vitamin A, vitamin E, niacin, dan folat. Vitamin A sendiri berperan dalam pembentukan indra penglihatan (mata) yang baik, terutama di malam hari. Sedangkan, vitamin B3 berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemat dan protein. Selain itu di dalam tubuh, vitamin B3 mempunyai peranan penting dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan migrain, tekanan darah tinggi dan juga vertigo loh.
Belum selesai sampai disitu aja loh, kandungan vitamin E pada tutut juga berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan, mulai dari jaringan mata, kulit, sel darah merah sampai hati. Sedangkan folat berpungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah, mencegah anemia dan berbagai manfaat lain. Belum lagi manfaat kandungan mineralnya berupa kalsium, magnesium, kalium, zat besi dan fosfor yang berperan penting pada tubuh guna pengaturan kerja enzim, pemeliharaan keseimbangan asam dan bisa membantu pembentukan ikatan yang memerlukan mineral seperti pembentukan hemoglobin.. terus saya dengar dengar lendirnya yo bermanfaat untuk mengobati jerawatan... wallohu'alam
Advertisement