-->

Rempah Jambu Mete Unik dan Menyehatkan

Rempah Jambu Mete Unik dan Menyehatkan
Rempah Jambu Mete Unik dan Menyehatkan
kuliner khas wonogiri


Kuliner Unik Rempah Jambu mete Asal Wonogiri
Wonogiri terkenal dengan produsen jambu mete utamnya wonogiri Timur (jatisrono dan sekitarnya) jadi untuk olahan jambu mete ini tidak asing lagi bahkan menjadi olahan favorit jika lagi musim musimnya. Sobat kangyantok, Orang kebanyakan ngira jika jambu mete hanya bisa dinikmati saja  buah segarnya tapi ternyata bisa di oleh berbagi olahan salah satunya rempah jambu mete, ini ada resep yang pasti sangat enak unik dan mantap Dengan bahan yang mudah, murah tapi luar biasa nikmatnya dan banyak orang yg belum tahu
Pingin coba resep saya ibu-ibu siapa tau nih untuk menambah koleksi resep dapur ibu-ibu dirumah, ini tidak kalah rasanya  dengan rempah yang berbahan daging lagipula ini non kolesterol, aman buat dikonsumsi siapa saja. 

BAHAN-BAHAN :
   ½  kg buah jambu mete yang masak
 1 buah kelapa parut
 4 buah telur (sisakan 2 butir untuk celupan bulatan sebelum digoreng)
bawang putih secukupnya
bawang merah secukupnya
ketumbar secukupnya
garam
penyedap rasa

CARA MEMASAK :
Semua buah jambu mete dimasak kurang lebih ¼ jam kemudian dinginkan setelah dingin buah jambu mete bisa diblender bisa juga disuwer pakai sendok garpu kemudian semua bumbu dihaluskan dan campur semua bahan tambahkan 2 buah butir telur lalu aduk hingga semua bahan tercampur.
Setelah semua bahan tercampur buat bulatan bulatan kecil lalu kukus hingga matang, kemudian panaskan minyak untuk menggoreng, sebelum digoreng bulatan-bulatan kecil masukkan terlebih dulu kedalam telur yang sudah dikocok sehinnga hasilnya lebih nyuus.   Setelah berwarna kekuningan angkat tunggu beberapa detik langsung bisa dinikmati hangat-hangat.

dan menu satunya dr ibu ibu di wonogiri Menu masakan dari Jambu Mete ini adalah olahan khas Wonogiri. Katanya bisa di oseng atau di sambel terasi juga dan di rempah.
yang ini saya kasih tahu cara membuat oseng jambu mete caranya:
kita kupas/ atau tidak jambu mete langsung kita remas remas,hilangkan airnya dengan garam setelah di remas pakai garam, rasa sepetnya memang hilang lho, tinggal rasa asem seger sedikit. Siap di olah dech. Bumbunya juga bumbu oseng biasa, bawang merah, bawang putih, cabai. Aku tadi tambah ebi dan sedikit terasi. Kata teman-teman lain, oseng Jambu Mete ini enak juga di campur kikil, teri, dll. 

Ok, langsung saja yuk di coba saja jika di sekitar tempat tinggal teman-teman apalagi di wonogiri setiap rumah pasti punya pohon jambu jika ada Jambu Mete coba saja di oseng unik rasanya...kenyil-kenyil seperti jamur, tapi ada sedikit rasa asem seger pokoke mak nyoss

Oseng jambu Mete

Bahan :
10 buah jambu mete
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
1/4 sendok teh terasi
1 sendok makan ebi
garam dan gula sesuai selera
100 ml air

Cara membuat :
Kupas jambu mete, potong memanjang
Remas dengan 1 sendok teh garam hingga airnya keluar
Cuci bersih
Iris bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum 
Masukkan terasi, cabai dan ebi
Tumis hingga matang
Masukkan air dan irisan jambu mete, serta bumbu lain
Masak hingga meresap
Cicipi rasanya

Advertisement