-->

Ini Dia Sang Pendiri Istana Parnaraya di Wonogiri

Ini Dia Sang Pendiri Istana Parnaraya di Wonogiri
Ini Dia Sang Pendiri Istana Parnaraya di Wonogiri
Ini Dia Sang Pendiri Istana Parnaraya di Wonogiri

Jika Kita berbicara mengenai Wonogiri yang terbesit dalam fikiran kita adalah daerah yang ndeso tandus, kering serta kekurangan air saat musim kemarau. Namun, siapa yang menyangka jika ditengah pelosok dan citra wonogiri sebagai daerah yang miskin ada istana mewah mirip istana negara yang didiami oleh para presiden RI. Istana itu bernama istana PARNARAYA, nama itu diambilkan dari nama pemilikny yaitu Suparno (47)  pengusaha sukses asal Wonogiri yang merantau ke jakarta, Dan ini adalah salahsatu bukti bahwa orang wonogiri ulet dan pekerja keras jika sudah merantau, Jiwa orang wonogiri adalah jiwa perantau dan sukses.

Mau tahu Alamat Istana megah ini berada di desa Bonagung Kecamatan Sidoharjo, jika ditempuh dengan kendaraan sekitar 30-45 menit dari pusat kota Wonogiri. Menurut keterangan penduduk sekitar istana ini mulai dibangun pada tahun 2015 dan kini sudah hampir finishing dan hampir menghabiskan biaya sampai milyaran. Istana ini dibuka untuk umum jika ingin berkunjung.

Pada depan istana ini mirip sekali dengan istana negara, kemudian di dalamnya terdapat beberapa kamar dan dibagian belakang terdapat ruang yang sedianya akan digunakan sebagai display karya dan koleksi dari suparno dari awal menjalankan usahanya hingga saat ini.

Menurut informasi pengelola, istana ini kedepan akan digunakan sebagai tempat wisata, rumah singgah keluarga suparno ketika mudik ke Wonogiri serta untuk perawatan para lansia. Sungguh sangat mulia pendirian istana ini, selain untuk apriwisata juga digunakan untuk perawatan lansia.


Suparno kini berdomisili di Jakarta, hanya sesekali pulang ke Wonogiri, rumah orang tuanya. Melalui telepon, bapak dari dua anak itu menjelaskan pembangunan Istana Parnaraya merupakan idenya.

"Konsep desainnya seperti istana. Fungsinya untuk wisata dan edukasi. Setelah peresmian nanti wisatawan akan dipungut biaya. Hasilnya selain untuk perawatan, 90 persen untuk lansia, 10 persen untuk desa,

Mengenai sosoknya, Suparno tidak banyak bercerita. Dia memiliki beberapa bisnis, antara lain di bidang otomotif, air minum kemasan, cokelat. Nama Parnaraya pun diambil dari nama usaha batik miliknya.

Mengenal Suparno, Pemilik 'Istana Negara untuk Lansia' di WonogiriIstana Parnaraya di Wonogiri. 
Menurut teman kecil Suparno yang kini menjadi pengelola Istana Parnaraya, Agus Winarno, jiwa bisnis Suparno telah tampak sejak kecil.
Sejarah perjuangan istana parnaraya

"Pak Parno itu sederhana. Sejak kecil memang sudah kelihatan, dia punya skill, bakatnya marketing. Terbukti sekarang dia sukses," kata Agus.

Pemberian santunan kepada lansia pun merupakan cita-cita Suparno sejak lama. "Pak Parno memang bercita-cita kalau sudah sukses akan kembali ke desanya, dalam artian membantu desa, termasuk lansia," ungkap Agus.

Teman Suparto lainnya, Rujito, mengapresiasi langkah Suparto dalam mendirikan Istana Parnaraya. Terlebih pendirian bangunan itu bertujuan mulia.

Jadi yang Ngebet selama ini pengin tahu istana negara duplikasi silahkan ke sidoharjo wonogiri di Istana Parnaraya.

Advertisement